Jupiter mx injeksi New jupiter mx fuel injection
CARA MERUBAH JUPITER MX KARBU JADI INJEKSI
Oke sobat bertemu lagi dengan saya Criwiell boa edan
Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih caranya merubah motor karburator menjadi injeksi .... Nah simak apa saja yg harus di beli bahan2 nya ...
Sebenernya pengalaman saya pribadi merubah NEW JUPITER MX KARBU menjadi INJEKSI sudah hidup dan resmi wanjir resmi kaya apa ajahh hahahaa...
Pada tanggal 1 januari 2017 gaess ... Cuman baru sempet nulisin di blog gaess
Oke kita beralih ke sparepart ap saja sih yg di butuhkan ...
Untuk subtitusinya bisa gunakan part punya
VIXION OLD,VIXION NEW,MX KING ,R15 ,XABRE
Silahkan pilih saja sesuka hatimu mau pake yang mana
Disini saya menggunakan part pnya vixion old yg berkode 3C1 gaess
Soalnya ECU nya bisa di REMAP jd RACING ... Bisa geser limiter seting api di gigi satu dua tiga empat limanya ngisi bahkan sampe gigi 6 kalo yg sudah di rubah jd 6 speed yaa gaess.... Q juga udh 6 speed lohhh Blaguuππππ
Jd tanpa harus kita mahal2 Beli ECU JUKEN
Nama part yg harus di beli
1. Mahnet
2. Kabel body set
3. Trotle Body
4. Fuel Pump
5. Ecu
6. Kiprok sekalian
7. sensor2
8. Intak manofold
9. Injector
10. Selang bensin injeksi
Nahh itu diatas gaes yg harus anda beli harga cukup lumayan ....
Dan semua tidak PNP alias harus modif
1. Modif Bagian Mahnet
Bagian mahnet ini peelu sedikit penyesuaian mengenai merubah top dan membuat timing pengapian baru agar bisa sesuai dengan aslinya gaess samakan sajah antara asli dengan modifan kitaa ...
Untuk cara saya sndiri tidak merubah tonjolan pulser yg ada di mahnet karena terlalu banyak tidak seperti karburator ..
Untuk tonjolan pulser pda mahnet punya yamaha yaitu ada 11 tonjolan atau biasa di sebut 12 min satu ( 12 - 1 ) nahh ini tidak saya rubah karena mengelas terlalu banyak pada mahnet akan merusak gaya mahnet jd bisa jd nanti mahnet tidak berfungsi atau kurang untuk pengisian ke aki nya gaess....
Jd disini saya rubah alur sepi nya gaes buat lah alur sepi baru samakan kaya aslina namun harus ukur (dial) terlebih dahulu untuk mencari top dan mencari titik pulsernya ya ..
Ini hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini ..
Silahkan liat bagian lubang sepi mahnet ada dua karena yg satu asli pnya vixionya kita bikin ulang sesuai top di motor MX
2. Kabel body
Untuk kabel body juga tidak PNP karena kita gunakan punya vixion dia lembih panjang dan penempatan pun berbeda antara kiprok,ecu,flaser,koil,dan sensor lainya
Jd rubahlah dan rakitlah sesuai motor mx mu gaess dan buatlah serapih mungkinn....
3. Trotle Body
Untuk trotle body tinggal PNP gaes tinggal pasang sajah pada karet mx nya namun intak manifol pakai pnya vixion yg ada lubang untuk injextornyaa ....
Disini saya gunakan trotle Body punya vixion new karena spek mesin masih 150 cc kalo udh udah bore up lagi bisa gunakan trotle Body pnya satria FU injeksi atau GSX 150 PNP gaess .. Ber diameter venturi 32 mm
TB NEW VIXION
4. Fuel Pump (pompa bensin) DAN Tangki
Disinilah mungkin ada juga sbagian orang merasa bngung untuk pompa bensin nyaa .. Anda bisa gunakan punya mx king satu sett tangki namun ada penyesuaian juga alias tidak pnp
Bisa juga anda modif dengan menanam fuelpum vixion di tangki mx bawa saja ke tukang las untuk menanganinyaa ...
Kalo saya sendiri dsni menggunakan tangki mx king karena takut bocor kalo bekas lasan yg kurang rapihhh .....
5. ECU
Untuk bagian ini sangatlah mudahh karena tinggal colokin sajah gaes ke kabel body yg sudah di rakit td ... Karena pembelian kabel body harus sesuai dengan jenis nyaa misalkan perangkat vixi old ya ecu nya vixi old perangkat nya r15 ya ecu nya r15 karena biar tdak rubah soket mumet gaess rubah soket ecu 33 pinπ€
6. Kiprok
Kiprok juga sama tinggal pasang sesuai pembelian kabel body karena ada yg berbeda ada yg dua pashe ada yg tiga pashe dan ada yg ac ada yg dc gunakan sesuai kabel body saja
7. Sensor sensor
Untuk sensorr beli saja sesuai jenis kabel bodynya yg anda gunakann contoh biasanya di vixion
LAS,PUMP RELAY,RELAY FAN,DLL
8.Itake Manifold
Gunakan intake manifold punya vixion gaess
9. Injector
Untuk cc standar atau mash 150 cc gunakan yg ori saja yaitu 6 hole
10. Selang bensin
Untuk selang bensin wajib original gaes karenakan tekanan fuel pump atau pompa bensin sangat besar 250 kpa sampe 320 kpa jd jika anda gunakan selang biasa yg di pake karburator walaupun ori pasti akan pecahh gaess ....π±π±π± ngeri kann kalo mau modif ya asal selangnya kuatt kaya selang kompresor tapi ttep ajahh bagus selang ori nyaa .. Beli saja pnya mio j kupiter z1 dia lebih panjang .....
Ini mx saya gaes yg sudah jd injeksi ....
Spedonyaa ganti gaess pake pnya NVL πππ
Lebih josss lagii kitaa punyaa alat secan injeksi gaesss saya punya versi FIDT sama versi laptop
Untuk Rasio 6 speed saya adopsi punya R 15 gaes ...PNP hanya rubah di shift drum nya sajahh
Bisa diliat di gambar di bawahh
Dan satu lagi yg wajib anda ganti gaes yakni GEAR BELAKANG wajib ganti minimal ukuran 47 kenapa ? Karena perbamdingan rasio nya ketemunya di gear 47 gaess .. Kalo kalian gunakan di bawahnya apalagi gear ori MX udahh mati dah gigi 6 nnya alias turun speedπ€£π€£π€£
Ini keunggulan dari ECU old vixi kode 3C1 bisa geser limiter 12 ribu Rpm 13 rb 14 rb gimana kondisi mesin ajahh gaess
Ini versi spedo lama
Oke gaes cukup sekian yaa mohon maaf jika banyak kekurangan ..semoga bermanfaat ..
Ada yg tanya silahkan kommett ππππ
By Criwiell Chanel
































Komentar
Posting Komentar